22 May 2024

News Update

Tips Merawat Jam Tangan Mewah Pria

Tips Merawat Jam Tangan Mewah Pria

Setiap barang yang Anda miliki perlu dirawat dengan baik. Salah satu barang yang juga perlu Anda rawat dengan baik adalah jam tangan mewah pria yang Anda miliki. Berikut ini adalah beberapa cara atau tips merawat jam tangan mewah pria yang dapat Anda ikuti.

1. Penyimpanan dengan Kotak Asli

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk menjaga jam tangan mewah pria tetap awet adalah dengan menyimpannya di kotak asli. Anda disarankan untuk menyimpannya di kotak asli jam tangan yang diberikan oleh produsen saat pembelian karena kotak asli bawaan jam tangan tersebut sudah diproduksi dan diukur sesuai kebutuhan.

Kotak asli jam tangan tersebut sudah disesuaikan dengan kebutuhan dan ciri khas jam tangan pria mewah yang Anda beli dan gunakan. Oleh karena itu, pastikan Anda tetap menjaga kotak asli jam tangan mewah pria tersebut untuk tetap digunakan. Jadi, jangan buah kotak aslinya atau jangan memberikannya kepada pihak lain, ya.

Selain dapat menjaga jam tangan tetap awet, kotak asli ini juga dapat memperindah tempat atau ruang penyimpanan jam tangan Anda. Hal ini dikarenakan beberapa kotak asli jam tangan tersebut memiliki desain yang menarik. Tak jarang, brand juga merancang kotak asli jam tangan elegan dan semewah mungkin untuk memuaskan konsumen.

2. Menghindari Paparan Air dan Kelembaban Berlebih

Beberapa hal tertentu dapat membuat jam tangan yang Anda sayangi dengan setulus hati rusak. Beberapa hal tersebut adalah seperti air dan kelembaban yang berlebih. Kelembaban yang masuk ke dalam jam tangan dapat merusak pelat jam. Selain itu, mesin jam juga menjadi berkarat akibat kelembaban yang berlebihan pada jam tangan.

Jika air atau kelembaban terlanjur masuk ke dalam jam tangan kesayangan Anda, maka Anda mungkin memerlukan peralatan tertentu, seperti penyerap. Namun, jika Anda tidak memilikinya, Anda juga dapat menggunakan peralatan lain, seperti gel silika.

Anda dapat menuangkan gel silika ke dalam wadah kedap udara, lalu bungkuslah jam tangan dengan kapas. Proses ini dilakukan untuk mencegah terjadinya goresan pada kaca jam tangan mewah pria yang Anda miliki.

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mengambil jam tangan dengan hati-hati. Kemudian, letakkan jam tangan tersebut ke dalam wadah tadi dan tutup dengan rapat, lalu tunggu selama 2-3 hari. Proses ini seharusnya membuat kelembaban di dalam jam tangan menguap atau diserap ke dalam bahan penyerap yang Anda gunakan tersebut.

Jika air atau kelembaban yang ada di dalam jam tangan sudah terlalu parah dan Anda ragu untuk menanganinya sendirian, Anda dapat mempercayakannya pada ahlinya, yaitu repair shop atau toko servis jam tangan. Pastikan Anda mengkomunikasikan permasalahan yang Anda alami dengan baik, ya!

3. Bersihkan Secara Rutin dengan Kain Lembut 

Kain lembut seringkali digunakan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari membersihkan perabot dapur, seperti meja marmer, hingga membersihkan koleksi pribadi, seperti jam tangan mewah pria yang Anda miliki. Anda perlu memiliki kain lembut yang bisa digunakan untuk membersihkan jam tangan Anda secara rutin.

Tips merawat jam tangan mewah ini sangat bermanfaat bagi Anda karena jam tangan cenderung mengumpulkan debu, sidik jari, dan kotoran saat dipakai sehingga memerlukan pembersihan yang maksimal. Anda dapat menggunakan kain lembut yang Anda miliki di rumah atau membelinya dalam waktu dekat.

Cara menggunakan kain lembut untuk membersihkan jam tangan mewah ini pun dapat dibilang sederhana. Anda cukup menggosokkan kain lembut ini ke jam tangan mewah pria yang Anda miliki. Gosokan lembut itu membantu menghilangkan noda dan membuat jam tangan Anda terlihat bersih kembali.

4. Hindari Sinar Matahari Langsung

Sinar matahari langsung dapat merusak jam tangan mewah. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk menghindarkan jam tangan mewah Anda dari paparan sinar matahari langsung ini. Pastikan Anda menyimpannya jauh dari paparan sinar matahari langsung agar ketahanannya dapat bertahan dengan baik dan dapat digunakan dalam waktu yang lama.

Jam tangan perlu dihindarkan dari cahaya, termasuk sinar matahari langsung, karena cahaya terkadang bisa memudarkan pelat jam hitam pada jam tangan vintage menjadi warna-warna tertentu, seperti coklat biasa ataupun coklat tropis. Jika Anda tidak ingin warna jam tangan Anda berubah, maka Anda perlu memastikan poin keempat ini dilakukan dengan maksimal.

5. Hindari Paparan Suhu Ekstrem

Paparan suhu ekstrem, seperti suhu yang terlalu dingin atau terlalu panas, dapat merusak jam tangan mewah Anda. Jam tangan mewah dirancang khusus untuk keperluan tertentu dengan desain yang memukau. Jika jam tangan tersebut rusak karena suhu ekstrem, maka Anda cenderung dirugikan karena jam tangan mewah tersebut menjadi tidak dapat digunakan.

6. Perhatikan Pergantian Baterai

Ada beberapa jenis jam tangan yang unik karena tidak memerlukan baterai. Namun, jika jam tangan Anda masih membutuhkan baterai, Anda perlu memastikan bahwa pergantian baterai dilakukan dengan tepat dan sesuai waktunya. Agar tidak lupa, Anda dapat mencatat waktu yang tepat untuk mengganti baterai jam tangan mewah pria yang Anda miliki.

Anda juga perlu memastikan bahwa baterai jam tangan Anda dalam kondisi yang baik. Secara berkala, bawalah jam tangan Anda ke toko servis jam tangan yang kredibel agar dicek kondisi dan bisa dideteksi lebih dini jika ada kerusakan atau risiko lain yang dapat membahayakan jam tangan Anda.

7. Perawatan Mesin pada Jam Tangan Mekanik

Jika Anda memiliki jam tangan mekanik, pastikan Anda memahami tips ketujuh ini. Jam tangan kinetic perlu dijaga dengan baik dan maksimal. Anda perlu memastikan bahwa daya di dalam jam tangan mewah dengan mesin kinetic ini tetap terisi dengan baik. Selain itu, Anda juga perlu memastikan kondisi mesinnya dalam keadaan prima agar dapat digunakan.

Jam tangan dengan mesin kinetic ini dapat berfungsi dengan baik selama 90 (sembilan puluh) hari jika dayanya terisi dengan penuh. Namun, sebaiknya, Anda tetap mengisi dayanya untuk jangka waktu yang lebih lama apabila tidak menggunakannya selama beberapa waktu untuk menjaga kondisinya tetap baik dan bisa bertahan lebih lama.

8. Gunakan Pelindung Layar Kaca

Menggunakan pelindung layar kaca untuk jam tangan Anda adalah salah satu cara cerdas yang dilakukan untuk menjaga jam tangan tetap awet dan terjaga dengan baik. Pelindung layar kaca ini dapat bermanfaat dalam berbagai aspek jam tangan, seperti melindungi jam tangan dari goresan, noda, dan berbagai risiko sejenis lainnya.

Itulah beberapa tips merawat jam tangan mewah pria yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kualitas dan kondisinya terjaga dengan prima. Pastikan Anda mengkonsultasikan dengan produsen jam tangan Anda untuk informasi lebih rinci mengenai perawatan khusus pada jam tangan mewah Anda.