24 Jun 2024

News Update

Style Jam Tangan Pria Untuk Segala Acara

Style Jam Tangan Pria Untuk Segala Acara

Memilih jam tangan yang tepat dapat mengubah penampilan Anda sepenuhnya dan menciptakan kesan pertama yang baik. Akan tetapi proses pemilihan jam tangan ini bisa jadi cukup tricky. Karenanya kami merangkumkan berbagai jenis style jam tangan pria untuk segala acara dalam artikel ini. 

Lebih dari penunjuk waktu, jam tangan yang Anda gunakan dapat menjadi ikon fesyen penting dalam penampilan Anda. Oleh karena itu, untuk menentukan jam mana yang tepat untuk Anda kenakan dalam acara tertentu pun tidak bisa sembarangan.

Memahami kegalauan Anda, Watches Trade merangkumkan 7 style jam tangan pria yang bisa Anda gunakan dalam segala acara, baik formal, semi formal, maupun informal. Berikut penjelasan lengkapnya.


1. Classic Dress Watch

Style jam tangan pria untuk segala acara yang pertama adalah classic dress watch, jam tangan resmi klasik. Jam tangan ini sangat cocok untuk acara resmi seperti pesta pernikahan, acara kantor, dan banyak lainnya.

Classic dress watch dapat memberikan sentuhan sopistik pada penampilan Anda, membuatnya terkesan rapi dan profesional. 

Selain itu, umumnya classic dress watch merupakan jam tangan mewah dengan gaya vintage. Desainnya pun didominasi dengan logam mulia, seperti emas atau perak. Serta berjenis analog atau klasik, sehingga memberikan kesan lebih elegan dan formal. 

Karenanya aksesoris ini memiliki nilai investasi tersendiri, karena dapat bertahan selama bertahun-tahun dan memiliki harga yang tinggi.

Jenis style jam tangan pria ini idealnya memiliki desain yang artistik, dengan detail rumit dan struktur yang presisi. Sehingga dapat memikat perhatian dan mengesankan lawan bicara Anda.

Beberapa contoh jam tangan dengan karakter seperti ini adalah berbagai seri Rolex, Patek Philippe, hingga Hublot.


2. Sport Watch

Ingin menampilkan kesan trendi dan lebih santai, sport watch bisa jadi pilihan style jam tangan pria untuk segala acara Anda selanjutnya.

Anda dapat menggunakan style jam tangan ini untuk berolahraga, melakukan pendakian di akhir pekan, atau kencan santai dengan pasangan Anda.

Sport watch dibuat untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup Anda yang aktif, khususnya bagi para atlet atau orang-orang yang suka olahraga.

Jenis jam tangan ini biasanya dirancang agar tahan lama, tahan air, dan umumnya dilengkapi dengan fitur pendukung yang berguna seperti stopwatch, alarm, dan monitor detak jantung.

Namun, penggunaan jam tangan ini tak terbatas hanya untuk seorang atlet. Sebab sport watch sangat cocok dengan gaya pakaian kasual dan santai, hingga yang playfull dan sporty.

Selain itu jam tangan sport pun dapat memberikan kesan yang kokoh dan maskulin yang membuat Anda tampak berani. Jadi meskipun Anda seorang atlet atau bukan, sports watch tetap cocok masuk dalam daftar style jam tangan pria untuk segala acara Anda.


3. Pilot Watch

Pilot watch, sama seperti namanya, pada dasarnya merupakan jenis jam tangan yang dibuat khusus untuk mendampingi para pilot selama penerbangan.

Jam tangan pilot memiliki fitur-fitur khusus seperti glow-in-the-dark, memiliki pelat jam yang besar dan gelap, serta tulisan angka yang kontras. Tujuannya untuk mengetahui waktu dengan cepat dan mudah. Terdapat juga fitur GMT, bezel yang dapat diputar atau dirotasi untuk mengukur waktu.

Selain fungsinya yang canggih, hingga kini pilot watch selalu hadir dengan desain yang trendi dan keren. Meskipun Anda bukan seorang pilot atau bekerja di maskapai penerbangan, jam tangan ini tetap layak Anda pertimbangkan untuk masuk dalam style jam tangan pria untuk segala acara.


4. Diving Watch

Berikutnya adalah diving watch, yang didesain khusus untuk bertahan dalam air dengan jangka waktu yang lama. Sama seperti namanya diving watch juga umumnya diperuntukkan bagi para perenang atau penyelam.

Jam tangan memiliki peranan penting bagi para penyelam untuk membantu mengukur durasi, menghitung penghentian dekompresi, dan melacak berapa banyak udara dalam tangki.

Karena memiliki tujuan penggunaan yang cukup rumit, maka desain dan material bahan dalam diving watch juga tak bisa sembarangan.

Rolex dapat dibilang pelopor dari diving watch ini. Pada tahun 1926, Rolex Oyster dipatenkan. Desain kenop, casing belakang, dan kenop sekrupnya merupakan casing pertama di dunia yang benar-benar tahan air dan debu.

Setelah itu ada banyak inovasi dari brand lain, namun Rolex di tahun 1950 meluncurkan Submariner, dan pada tahun 1967 merilis Sea-Dweller yang dapat bertahan di kedalaman yang lebih dalam.

Terlepas dari fungsinya tersebut, desain canggih dan rumit dari diving watch tentu bisa memberikan sentuhan unik serta trendi dalam penampilan Anda.


5. Chronograph Watch

Ingin tampil trendy tapi tetap classy dan mewah, style jam tangan chronograph bisa jadi ide ideal untuk Anda.

Jam tangan chronograph memiliki desain yang rumit dan khas. Dibalik kaca casing-nya yang jernih, Anda dapat melihat banyak lingkaran dalam panel utamanya. 

Sebab itu, tak cuma menunjukkan waktu secara tepat. Jam tangan chronograph memiliki kegunaan lain seperti berfungsi sebagai stopwatch, atau fitur lain sesuai peruntukannya.

Pada umumnya style jam tangan pria ini memiliki strap jenis kulit, yang dapat memberikan kesan kuat dan maskulin ketika Anda pakai.


6. Smartwatch

Bila Anda suka dengan yang praktis-praktis, smartwatch bisa jadi pilihan Anda. Style jam tangan pria ini bisa Anda kenakan dalam segala acara, lantaran modelnya dan desainnya yang beragam.

Tampilan digital dan berlayar LED interaktif, jam tangan pria ini memiliki fitur menyerupai smartphone Anda. Seperti fitur pesan, panggilan, pemutar musik, dan banyak lainnya.


7. Fashion Watch

Fashion watch memiliki konsep everyday watch, atau jam tangan yang dapat Anda gunakan sehari-hari. 

Karakteristik utama dari jam tangan ini adalah tidak memiliki sejarah merek yang panjang, keluaran brand besar, serta tidak berbasis spesifikasi atau fungsional tools yang kompleks.

Selain itu, fashion watch pun umumnya memiliki desain yang casual dengan warna-warna berani, sesuai dengan tren fesyen saat ini.

Secara umum, jam tangan fesyen ini memiliki harga cenderung murah jika dibandingkan jenis-jenis yang telah kita bahas sebelumnya.

Nah, watch lover, itu adalah 7 style jam tangan pria untuk segala acara yang bisa Anda gunakan sebagai referensi. Adakah salah satu jenis jam di atas yang menarik minat Anda?

Bagi Anda yang sangat suka dengan hal-hal praktis, membeli beberapa jam berbeda untuk acara-acara yang juga berlainan mungkin terasa merepotkan. 

Lantas apakah tak ada satu jenis jam tangan yang bisa meng-cover semua kebutuhan acara Anda?

Tentu ada! Watches Trader, tempatnya jam tangan mewah dan berkualitas, memiliki koleksi jam tangan yang bisa Anda gunakan dalam acara formal, semi formal, maupun santai.

Dua contoh produk yang cocok untuk mengisi kebutuhan Anda tersebut adalah Patek Philippe dan Audemars Piguet. Keduanya memiliki desain yang santai, warna yang cocok untuk segala acara, namun tetap memberikan kesan mewah dan berkelas.

Tertarik untuk melihat ulasan lebih jauh soal kedua produk tersebut? Simak videonya berikut ini!