17 Jun 2024

News Update

Perbedaan Jam Tangan Pria Automatic dan Kinetic

Perbedaan Jam Tangan Pria Automatic dan Kinetic

Ada dua jenis jam tangan pria yang banyak digunakan di zaman sekarang. Jam tangan tersebut adalah jam tangan pria automatic dan kinetic. Ada beberapa aspek yang membedakan keduanya. Yuk, pahami perbedaan jam tangan pria automatic dan kinetic di artikel ini!

Sumber Daya

1. Automatic

Sumber daya utama yang menggerakkan jam tangan automatic adalah per utama. Ketika knop jam tangan otomatis diputar, energi kinetic ditransfer ke padas utama kumparan. Semakin banyak energi yang disimpan, per utama akan menjadi semakin rapat. Hal ini menjadikannya menyimpan lebih banyak energi untuk digunakan nantinya.

Pendukung energi pada jam tangan automatic juga diberikan oleh bagian mahkota atau crown. Saat ditarik keluar dan diputar, kenop yang digunakan untuk menyetel jarum jam ke waktu yang tepat dan saat didorong ke dalam dan diputar. Kenop tersebut digunakan untuk memutar mesin jam dengan manual dan menggulung per yang utama.

Kereta gigi juga menjadi energi yang penting dalam jam tangan jenis automatic pada jenis jam tangan pria mewah dan elegan. Rangkaian roda gigi mampu menggerakkan jarum penunjuk waktu. Rangkaian roda gigi digerakkan dengan merealisasikan energi yang bersumber dari pegas utama di jam tangan tersebut.

Anda juga tidak boleh melupakan roda keseimbangan dan escapement saat membicarakan sumber daya jam tangan automatic. Pelepasan ini bertindak seperti rem untuk jam tangan automatic. Bagian ini terdiri dari roda yang disebut roda pelepasan dan mekanisme seperti kait yang biasa disebut dengan garpu palet.

2. Kinetic

Jam tangan dengan mesin kinetic adalah jam tangan yang berisi generator listrik internal yang dioperasikan oleh gerakan kinetik pergelangan tangan pengguna. Listrik yang dihasilkan akan disimpan dalam baterai isi ulang yang memerlukan penggantian lebih jarang jika dibandingkan baterai sel konvensional pada jam tangan quartz.

Mekanisme Pengisian Daya

1. Automatic

Jam tangan dengan mesin automatic perlu diputar untuk menjaga waktu tetap tepat. Kenakan jam tangan Anda setidaknya selama 8 jam setiap hari agar tetap terisi dayanya. Jika jam tangan tidak dipakai selama 1-2 hari, Anda perlu memutar jam tangan untuk mengisi daya cadangan lagi.

2. Kinetic

Salah satu brand yang memproduksi jam tangan dengan mesin kinetic, SEIKO, menjelaskan bahwa energi listrik yang dihasilkan saat jam tangan dikenakan di pergelangan tangan Anda disimpan di Kinetic Electricity Storage Unit. Karena hal inilah jam tangan ini tidak memerlukan penggantian baterai.

Baterai

1. Automatic

Jam tangan automatic menjadi salah satu jenis jam tangan yang diidam-idamkan banyak orang. Hal ini dikarenakan jam tangan dengan mesin automatic menjadi jam tangan yang berfungsi tanpa baterai.

Jam tangan mekanik menggunakan bagian yang disebut pegas utama untuk menyimpan dan melepaskan energi. Pada jam tangan otomatis, gerakan tubuh alami pemakainya menggoyangkan rotor, yang kemudian memutar per utama.

2. Kinetic

Seperti yang telah dijelaskan di poin sebelumnya, jam tangan kinetic memiliki keunggulan tersendiri. Jam tangan kinetic memiliki generator listrik internal di dalamnya. Listrik yang dihasilkan akan disimpan di dalam baterai isi ulang. Baterai ini memerlukan penggantian lebih jarang jika dibandingkan dengan baterai sel konvensional.


Keandalan Daya

1. Automatic

Jika digunakan dan dirawat dengan baik, jam tangan automatic menawarkan keandalan daya yang baik sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Namun, hal ini tidak berarti Anda dapat bersikap seenaknya saat menggunakan jam tangan automatic tersebut. Anda perlu mempertimbangkan seberapa sering pemakaian dan perawatan jam tangannya.

Meskipun memiliki keandalan daya yang baik dan bisa bertahan lama, jam tangan dengan mesin automatic juga sama seperti alat pada umumnya, yaitu memiliki masa pakai yang terbatas dan pada akhirnya perlu diperbaiki atau bahkan diganti. Jadi, Anda perlu memastikan bahwa perawatan dan penggunaannya sudah sesuai, ya!

2. Kinetic

Poin ini juga membahas perbedaan jam tangan pria automatic dan kinetic. Pada dasarnya, sama seperti jam tangan automatic, jam tangan kinetic juga memerlukan perawatan yang rutin dan berkala untuk menjaga keandalan dayanya. Meskipun produsen memproduksi jam tangan dengan maksimal, jika Anda tidak merawatnya dengan baik, maka akan percuma.

Jam tangan kinetic juga disebut lebih membutuhkan perawatan apabila dibandingkan dengan jam tangan automatic. Bagi Anda pemilik jam tangan mesin kinetic, Anda perlu berhati-hati dan tetap merawat jam tangan kinetic dengan maksimal agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Pastikan Anda menjaganya dengan baik, ya!

Perawatan

1. Automatic

Sama seperti barang lainnya, Anda juga perlu menjaga, menggunakan, dan merawat jam tangan automatic dengan baik. Pastikan Anda merawat dan menjaganya sesuai aturan dan panduan yang telah Anda pahami melalui sumber yang dapat dipercaya atau kredibel. Poin ini menjelaskan beberapa perawatan yang perlu dilakukan untuk menjaga ketahanannya.

Anda perlu memastikan untuk menjaga jam tangan tetap bersih dan kering. Anda perlu menghindari jam tangan terkena air atau kelembaban dan bersihkan jam tangan secara teratur dengan kain lembut untuk menghilangkan kotoran dan debu yang menempel dan mengganggu penampilan dari jam tangan pria mewah kesayangan Anda.

Selain itu, Anda juga perlu memutar jam tangan secara teratur. Jam tangan otomatis digerakkan oleh gerakan pergelangan tangan Anda, tapi jam tangan ini juga memiliki cadangan daya kecil yang dapat diisi ulang dengan memutar jam tangan secara manual. Cara ini dapat membantu memastikan jam tangan berfungsi dengan lancar dan akurat.

Selain beberapa hal di atas, Anda juga perlu menghindari memaparkan jam tangan pada suhu ekstrem. Panas atau dingin yang ekstrem dapat menyebabkan jam tangan tidak berfungsi atau bahkan tidak bekerja sama sekali.

Anda juga perlu melakukan servis pada jam tangan secara teratur. Kebanyakan jam tangan otomatis harus diservis setiap 3-5 tahun untuk memastikan semua komponen berfungsi dengan baik.

2. Kinetic

Jam tangan kinetic juga perlu dijaga, ya! Pastikan jam tangan kinetic tetap terisi dayanya. Jam tangan tersebut dapat berfungsi dengan baik selama 90 hari jika dayanya terisi dengan penuh. Namun, sebaiknya, Anda tetap mengisi dayanya untuk jangka waktu yang lebih lama jika tidak memakainya selama beberapa waktu.

Selain pengisian daya dengan rutin dan berkala, Anda juga perlu melakukan servis pada jam tangan ini setiap tujuh tahun atau lebih. Baterainya tidak perlu diganti, tapi jam tangan kinetic ini mungkin memerlukan kapasitor utama yang baru untuk menyimpan energi dan menjaga waktu.

Itulah perbedaan jam tangan pria automatic dan kinetic pada jam tangan pria mewah dan elegan. Jadi, bagaimana? Apakah Anda sudah menentukan pilihan mau beli jam tangan automatic atau jam tangan kinetic atau masih menimbang faktor lainnya?