17 Jun 2024

News Update

Ketahui Bahan Strap Jam Tangan Pria Mewah dan Keunggulannya

Ketahui Bahan Strap Jam Tangan Pria Mewah dan Keunggulannya

Strap adalah salah satu bagian yang sangat penting pada jam tangan. Bagian yang satu ini bisa menentukan apakah tampilan Anda akan terlihat keren atau justru menjadi kurang menarik. Pada dasarnya bahan strap jam tangan pria mewah jenisnya sangat beragam. Sayangnya hingga saat ini kebanyakan orang hanya tahu tentang strap kulit.

Padahal sebenarnya selain strap yang terbuat dari kulit hewan, masih ada banyak material lain yang tidak kalah berkualitas dan menarik. Kali ini kami akan membahas tentang jenis strap jam tangan mewah yang wajib Anda ketahui sebelum membeli. Mari simak hingga selesai untuk mendapatkan keseluruhan informasinya!

7 Bahan Strap Jam Tangan Pria Mewah Terbaik

Bahan strap jam tangan biasanya akan mempengaruhi tinggi atau rendahnya harga. Semakin berkualitas, unik, dan langka material yang digunakan untuk strap, maka harganya juga akan semakin tinggi. Nah, berikut ini merupakan beberapa jenis strap yang sering digunakan pada jam tangan pria mewah.

1. Kulit Buatan atau Kulit Asli

Material pertama yang paling banyak digunakan untuk pembuatan strap jam tangan pria mewah adalah kulit. Jenis kulit sendiri dibedakan menjadi dua yaitu kulit buatan atau sintetis dan kulit asli yang berasal dari hewan. Kulit buatan adalah jenis kulit tiruan yang berasal dari bahan sintetis atau hasil rekayasa kimia.

Sedangkan kulit asli sesuai dengan namanya yaitu kulit yang asalnya langsung dari hewan. Beberapa jenis hewan yang bisa digunakan kulitnya untuk membuat strap jam tangan adalah sapi, domba, ular, buaya, dan banyak lagi. Beberapa kolektor barang antik biasanya menyukai jam yang terbuat dari kulit asli.

Namun saat ini sudah banyak orang yang lebih peduli terhadap lingkungan dan memilih menggunakan jam tangan dari kulit sintetis. Selain karena faktor kepedulian terhadap lingkungan, jam dari kulit buatan biasanya juga dijual dengan harga yang lebih terjangkau. Meski demikian strap jam tangan dari kulit sintetis tidak perlu diragukan kualitasnya.

2. Stainless Steel

Berikutnya ada material stainless steel yang juga banyak digunakan untuk membuat strap jam tangan pria mewah. Jenis strap jam yang satu ini memiliki banyak keunggulan, salah satunya adalah tidak terlalu berat sehingga nyaman digunakan setiap hari. Selain itu strap jam tangan stainless juga memberikan kesan elegan pada para penggunanya.

Stainless steel merupakan material yang tahan terhadap karat, jadi Anda tidak perlu khawatir jika jam tangan terkena air. Selain itu material ini juga bersifat hypoallergenic atau memiliki formulasi yang sebisa mungkin tidak menimbulkan alergi. Seperti yang kita tahu ada beberapa material logam yang terkadang bisa menyebabkan alergi pada kulit.

3. Strap Karet

Karet termasuk salah satu material yang cukup banyak digunakan sebagai bahan strap jam tangan baik pria maupun wanita. Kelebihan dari material ini tentu saja elastisitasnya dan tidak mudah rusak atau tergores. Strap berbahan karet juga sering dikenal sebagai jam tangan strap rubber, yang mana ini rubber adalah bahasa Inggris dari karet.

Jam tangan dengan strap rubber atau karet sangat cocok digunakan ketika Anda sedang melaksanakan aktivitas di luar ruangan atau olahraga. Material ini akan menjaga kulit Anda agar tetap kering selama beraktivitas dan tidak akan terasa berat saat digunakan untuk bergerak.

4. Nilon atau Kanvas

Bahan strap jam tangan pria mewah yang tidak kalah keren adalah nilon atau kanvas. keunggulan material nilon di antaranya adalah mudah dibersihkan dan tersedia dalam pilihan warna yang sangat beragam. Selain itu jam tangan pria yang strapnya berbahan nilon cocok digunakan untuk berbagai aktivitas dengan kondisi lingkungan apapun.

Meskipun Anda berada di lokasi yang bercuaca sangat panas atau sebaliknya, jam tangan akan tetap nyaman digunakan. Pada dasarnya bahan strap jam tangan pria yang satu ini sangat durable dan memiliki ketahanan terhadap air yang sangat tinggi. Jadi jam tangan Anda tidak akan rusak meski terkena air hujan atau basah karena hal lain.

5. Strap Keramik

Meskipun masih jarang digunakan tapi nyatanya keramik bisa menjadi bahan strap yang keren untuk jam tangan loh. Karakteristik dari material ini adalah kuat, tidak mudah rusak, tahan terhadap goresan, dan sangat kokoh. Hal ini tentu akan membuat pengguna jam dengan strap keramik jadi tampak lebih gagah dan memberikan kesan kuat.

Biasanya strap yang terbuat dari keramik nantinya akan dilapisi dengan bahan logam mulia. Contoh logam mulia yang bisa digunakan di antaranya adalah emas, perak, dan titanium. Penggunaan logam mulia ini bertujuan untuk menambahkan kesan eksklusif dan meningkatkan nilai jual jam tangan. 

Sayangnya strap dari keramik memiliki beberapa kekurangan, seperti rawan pecah jika jatuh dari ketinggian. Selain itu jika terjadi kerusakan pada bagian strap keramik, Anda akan kesulitan dalam menggantinya. Bobot keramik yang cukup berat juga bisa membuat penggunanya sedikit kesulitan saat beraktivitas.

6. Strap Karbon

Anda ingin menggunakan jam tangan yang terasa ringan namun tetap memberikan kesan elegan? Jam tangan pria mewah dengan strap berbahan karbon bisa menjadi pilihan terbaik. Material karbon atau carbon fibre merupakan untaian dari elemen karbon yang sangat tipis dan terdapat resin di sekelilingnya.

Tahukah Anda carbon fibre juga banyak digunakan untuk pembuatan berbagai peralatan olahraga dan mobil sport yang mewah loh. Pilihan warna strap dari material ini juga cukup beragam. Tapi sayangnya hingga saat ini di Indonesia belum banyak produk jam tangan yang menggunakan karbon sebagai material strap. 

7. Elemen Logam dengan Aksen Emas

Material terakhir yang banyak digunakan untuk pembuatan strap jam tangan pria mewah adalah elemen logam dengan aksen emas. Yang dimaksud dengan elemen logam di sini cukup beragam, bisa berupa titanium, emas, perak, dan lain sebagainya. 

Namun untuk saat ini, yang bisa Anda temukan di pasaran umumnya adalah strap yang terbuat dari titanium. Alasan utama kenapa strap jam tangan berbahan titanium lebih banyak dijumpai tentu karena harganya yang lebih terjangkau dibanding emas dan perak. 

Selain itu logam titanium yang diberikan aksen emas juga bisa memberikan kesan elegan pada jam tangan. Mengenai keunggulannya, material ini terkenal tidak mudah pecah meski terbentur benda keras.

Sekarang Anda tidak perlu bingung lagi jika ingin membeli jam tangan mewah yang sesuai dengan gaya Anda. Setiap material strap yang kami tulis di atas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika ingin yang memberikan kesan elegan, Anda bisa memilih bahan kulit, stainless steel, keramik, atau elemen logam.

Tapi jika Anda ingin bahan strap jam tangan pria mewah dengan tampilan lebih santai, pilih bahan karet, nilon atau kanvas, dan karbon. Jadi, material strap jam tangan apa yang sesuai dengan preferensi pribadi Anda?