17 Jun 2024

News Update

Kenali Spesifikasi Jam Tangan Pria Mewah Berdasarkan Mesinnya

Kenali Spesifikasi Jam Tangan Pria Mewah Berdasarkan Mesinnya

Jam tangan pria mewah memiliki banyak keunggulan. Selain tampilannya yang mewah, jam tangan pria juga memiliki keunggulan dalam mesinnya. Berikut ini adalah spesifikasi jam tangan pria mewah yang dibedakan berdasarkan mesinnya.

1. Mekanik Manual

Jam tangan dengan mesin mekanik manual didefinisikan sebagai jam tangan yang menggunakan mekanisme jarum jam untuk mengukur waktu. Ada pegas utama yang dililitkan dan menahan gaya yang kemudian akan menggerakkan roda keseimbangan. Mesin jam tangan mekanik manual menawarkan fitur jarum detik yang “menyapu”.

Beberapa produk jam tangan pria mewah dengan mesin mekanik manual juga menampilkan permata, biasanya safir, kuarsa, dan garnet. Permata yang ada di jam tangan tersebut akan membantu mengurangi gesekan dalam gerakan sehingga akan meningkatkan akurasi waktu yang ditampilkan di dalam jam tangan mewah tersebut.

2. Mekanik Otomatis (Automatic)

Mesin jam tangan mekanik otomatis (automatic) dilengkapi dengan beban logam yang berputar secara bebas yang disebut rotor. Gerakan dari pergelangan tangan penggunanya membuat rotor berputar dan saat rotor tersebut berputar, maka secara otomatis melilitkan pegas utama di dalam mesin jam yang memberi tenaga untuk jam tangan mewah tersebut.

Mesin jam tangan mekanik otomatis sedikit berbeda dengan mesin jam tangan mekanik manual. Di dalam jam tangan mekanik manual, pengguna jam tangan pria mewah tersebut harus memutar jam tangan secara rutin untuk mengisi ulang per utama yang berguna untuk menggerakkan jam tangan.

3. Mesin Quartz

Jam tangan dengan mesin kuarsa (quartz) adalah jenis jam tangan yang ditenagai oleh baterai atau sel surya yang penunjuk waktunya diatur oleh kristal kuarsa yang bergetar dengan frekuensi tertentu. Jam tangan ini berbeda dengan jam tangan mekanik karena dinilai dapat menampilkan waktu dengan lebih akurat.

Daya jam tangan quartz berasal dari baterai atau sel surya dan disalurkan melalui papan sirkuit ke osilator kuarsa, kembali ke microchip, lalu keluar ke semua bagian jam tangan yang relevan, termasuk tangan. Kebanyakan jam tangan saat ini menggunakan mesin jam kuarsa dari jenis tertentu.

4. Chronograph

Jam tangan dengan mesin chronograph biasanya difungsikan sebagai stopwatch yang digunakan untuk mengukur periode waktu tertentu. Chronograph dapat dibedakan secara visual melalui dua atau tiga sub dial dan dua tombol penekan. Lama waktu perekaman jam tangan pria ini bervariasi, tapi pada umumnya berdurasi 30 atau 60 menit.

Beberapa jam tangan chronograph dilengkapi dengan takometer yang tertulis di sekitar tepi pelat jam. Fitur ini berfungsi untuk mengubah waktu yang telah berlalu menjadi kecepatan. Jam tangan serbaguna ini cocok untuk Anda yang menghargai mekanisme sekaligus tampilan gayanya.

5. Tourbillon

Nama “tourbillon” berasal dari sebuah kata dalam bahasa Perancis yang berarti “angin puyuh” atau “kolam pusaran air”. Kata tersebut dapat menangkap dengan tepat esensi dari komplikasi yang memukau ini. Saat sangkar yang berputar menampilkan tarian elegan, ia melawan pengaruh negatif gravitasi dan merata-ratakan kesalahan posisi dari waktu ke waktu.

Jam tangan dengan mesin tourbillon beroperasi dengan menempatkan escapement, roda keseimbangan, dan pegas rambut di dalam sangkar yang berputar. Sangkar tersebut biasanya berputar sekali per menit. Sangkar ini berputar dengan tujuan untuk melawan efek gravitasi pada pergerakan.

Saat tourbillon berputar, orientasi keterpisahannya terus berubah sehingga gaya gravitasi yang ada mempengaruhi ketepatan waktu di berbagai posisi. Dengan merata-ratakan kesalahan posisi ini dari waktu ke waktu, mesin tourbillon dalam jam tangan pria mewah akan dapat meningkatkan keakuratan jam tangan.

6. Mesin GMT

Mesin GMT adalah jenis mesin pada daftar spesifikasi jam tangan pria mewah berdasarkan mesinnya yang Anda perlu pahami. Anda mungkin sering mendengar singkatan GMT pada beberapa kesempatan. Ya, GMT adalah singkatan dari Greenwich Mean Time yang menjadi standar waktu yang digunakan secara internasional guna mengetahui perbedaan waktu.

Pada industri jam tangan pria elegan dan mewah, mesin GMT merupakan salah satu label yang diberikan oleh orang-orang yang berada di industri jam tangan ini. Sederhananya, jam tangan dengan mesin GMT adalah jam tangan dengan penunjuk waktu dengan jarum format 24 jam yang menunjukkan zona waktu kedua selain jarum jam lainnya.

Banyak orang yang menggunakan jam tangan mesin GMT untuk menunjukkan waktu di zona waktu lain yang mereka pilih atau menyinkronkannya dengan waktu setempat untuk mendapatkan indikator AM ataupun PM. Jam tangan dengan mesin ini sangat cocok untuk digunakan oleh Anda yang sering bepergian ke wilayah dengan zona waktu yang berbeda.

7. Flyback Chronograph

Anda telah memahami jam tangan dengan mesin chronograph di beberapa poin sebelumnya. Sekarang, saatnya Anda memahami jam tangan chronograph dengan tipe turunannya, yaitu flyback chronograph machine. Mesin di jam tangan pria elegan dan mewah ini adalah salah satu jenis mesin chronograph yang canggih.

Mesin jam tangan yang satu ini disebut canggih karena memungkinkan fungsi pengatur waktu dimulai ulang dengan cepat saat mesin chronograph tersebut sedang berjalan. Saat tombol chronograph ditekan, chronograph akan berhenti, disetel ulang ke nol, dan akan dimulai ulang. Fitur pengembalian dengan cepat ini diperlukan untuk akurasi sepersekian detik.

8. Minute Repeater

Mesin dengan nama yang menggugah rasa penasaran ini adalah jenis “keajaiban” dalam teknologi modern di industri jam tangan. Ketika tuas geser pada kotak jam tangan ditekan, penunjuk waktu akan membunyikan waktu melalui serangkaian lonceng.

Pengulang satu menit akan mencoret jam, seperempat, dan menit berdasarkan permintaan. Sementara itu, pengulang seperempat hanya akan berbunyi selama berjam-jam.

Jam tangan minute repeater berguna untuk membantu tunanetra mengetahui waktu yang tepat saat ini dan sebelum listrik menyebar, repeater akan membantu mengetahui waktu dalam kegelapan. Saat ini, jam tangan minute repeater menjadi mekanisme jam tangan yang rumit dan sangat didambakan oleh para penggemar jam tangan karena tekniknya.

Jam tangan ini ditandai dengan nada rendah, seperempat dengan dua nada (tinggi diikuti dengan rendah) dan satu nada tinggi untuk setiap menit setelah seperempat. Dering yang dihasilkan oleh jam tangan dengan mesin minute repeater ini menjadi teknologi canggih yang menguntungkan banyak pihak, termasuk tunanetra.

Ada banyak spesifikasi jam tangan pria mewah di dunia ini. Anda dapat memilih jam tangan pria mewah yang sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda. Jika Anda termasuk pencinta jam tangan pria mewah, Anda dapat mempertimbangkan sisi artistik dan mesin yang ditawarkan oleh jam tangan tersebut.

Dari segi mesin, Anda dapat memilih jam tangan dengan mesin unggulan, seperti mesin mekanik manual, mekanik otomatis, quartz, chronograph, tourbillon, GMT, flyback chronograph, dan mesin jam tangan minute repeater. Pastikan Anda memahami spesifikasi jam tangan pria mewah sebelum membelinya, ya!