24 Jun 2024

News Update

Cara Membedakan Jam Tangan Rolex Oyster Perpetual Datejust Original

Cara Membedakan Jam Tangan Rolex Oyster Perpetual Datejust Original

Sebagai pecinta jam tangan mewah dan klasik, Anda barangkali tak asing dengan Rolex Oyster Perpetual Datejust, yang dibanderol dengan harga ratusan juta rupiah. Saking populernya, jam tangan ini pun banyak di kloning dan menimbulkan kebingungan pada kolektor jam tangan asli Rolex. Lantas bagaimana cara mengenali Rolex Oyster Perpetual Datejust yang original?


Dalam sejarah perjalanan brand jam tangan mewah Rolex, Datejust memiliki peranan yang sangat besar untuk mendongkrak popularitas brand tersebut.

Pertama kali dirilis pada tahun 1945, kala itu Datejust menggunakan case Oyster dan menjadi jam tangan otomatis pertama yang bisa mengubah date-window secara otomatis. 

Namun, case Oyster sendiri pertama kali diperkenalkan pada tahun 1926, juga merupakan case tahan air pertama yang diproduksi secara massal.


Besarnya popularitas, harga, dan penggemarnya, membuat jam tangan Rolex sering dipalsukan. Apalagi yang eksklusif Rolex Oyster Perpetual Datejust.

Supaya Anda tak salah beli, mari simak bagaimana cara membedakan jam tangan Rolex Oyster Perpetual Datejust original berikut ini,


1. Kualitas Material

Cara membedakan jam tangan Rolex Oyster Perpetual Datejust original adalah dengan mengamati kualitas materialnya. 

Rolex merupakan merek jam tangan mewah terbaik di dunia, yang diciptakan lewat keterampilan sempurna dan pemilihan bahan-bahan berkualitas. Setiap jam tangan dirakit dengan presisi dan kehalusan sedemikian rupa, sehingga konstruksi dan detailnya sulit untuk ditiru.

Karenanya, saat mencoba mengenali Rolex Oyster Perpetual Datejust, Anda dapat mengamati material jamnya terlebih dahulu.

Semua jam tangan Rolex, termasuk Oyster Perpetual Datejust cenderung terasa berat dan ‘mantap’ dalam tangan Anda. Sebab casing dan gelang dari jam tangan ini terbuat dari logam padat, baik baja tahan karat, emas 18 karat, atau kombinasi keduanya.

Jika jam tangan tersebut memiliki tambahan berlian dalam desainnya, maka berlian tersebut akan memiliki tingkat kejernihan tinggi dan akan ditata dengan cermat pula.

Selain itu, kebanyakan model Rolex yang lain pun memiliki casing belakang logam yang halus, padat, tidak berukir, dan bebas dari logo atau ukiran pabrik. 


2. Nomor Seri dan Model yang Sesuai

Selanjutnya, untuk mengenali jam tangan Rolex Oyster Perpetual Datejust Anda dapat mencermati nomor seri dan kesesuaian modelnya. Sebab setiap jam tangan Rolex dilengkapi dengan nomor seri unik.

Sementara untuk jam tangan Datejust yang lebih lama, yakni keluaran sebelum tahun 2005, memiliki nomor seri yang terukir di antara lugs di bagian dalam pada jam 6. Untuk melihat nomor seri ini, Anda harus melepas gelangnya terlebih dahulu. 

Lalu untuk Rolex yang dikeluarkan pada tahun 2005 ke atas, nomor serinya dihadirkan di bagian dalam besel atau tepatnya di posisi angka 6.

Namun yang harus Anda ingat, baik itu Rolex versi lama maupun baru, ukiran nomor seri ini pasti terlihat jelas dengan font yang konsisten. 

Sementara pada yang palsu, ukiran nomor seri ini biasanya terlihat pudar dan ketebalan atau desain ukirannya cenderung tidak konsisten.


3. Tangan dan Indeks Jam yang Presisi

Telah kita singgung sebelumnya, semua jam tangan Rolex diciptakan dengan cermat dan didesain dengan presisi. Sehingga tak hanya indah dan mewah, jam tangan Rolex pun memiliki keunikan sendiri yang tak akan bisa ditiru dengan mudah.

Pada Rolex palsu Anda dapat menemukan detail dan fitur jam tangan yang kurang halus. Misalnya dari pencetakan dial, hingga penyelesaian pada hand dan indeks.

Karena itu sebelum membeli, Anda perlu mempelajari dengan cermat foto resmi dari model jam tangan Rolex yang mau Anda beli.


4. Magnifying Cyclops untuk Tanggal

Selanjutnya Anda juga bisa membedakan Rolex Oyster Perpetual Datejust itu original atau tidak dengan melihat dari magnifying cyclops atau kaca pembesar untuk tanggal jam.

Pada jam tangan Rolex original umumnya dilengkapi dengan date-display di bagian dial, begitupun Rolex Oyster Perpetual Datejust.

Pada bagian date-display ini juga selalu dilengkapi dengan kaca pembesar berbentuk menyerupai cekungan yang disebut sebagai cyclops.

Sebagai penanda bahwa jam tangan Rolex Anda asli, lensa cyclops di atas roda tanggal harus memperbesar angka sebesar 2.5 kali, serta selalu berada di tengah penanda jam tiga.

Hal ini merupakan aspek yang cukup sulit untuk ditiru atau dipalsukan. 

Seringkali pemalsuan tidak bisa mendapatkan ukuran pembesaran yang benar. Tak jarang mereka bahkan melewatkannya sama sekali dan mencetak angka pada roda tanggal dalam ukuran yang lebih besar untuk meniru efek pembesaran pada lensa cyclops.  


5. Movement (Mekanisme)

Cara mengenali jam tangan Rolex Oyster Perpetual Datejust original atau KW adalah dengan menyimak mekanisme atau movement-nya. 

Jam tangan Rolex Oyster Perpetual Datejust tidak memiliki mesin automatic. Meski begitu, bunyi ticking atau berdetik dari jam tangan ini sangat halus.

Hal ini karena movement jam yang menggerakkan Rolex original dibuat oleh tangan-tangan ahli, yang presisi dan khas.

Setiap mesin jam asli akan selalu memiliki ukiran "Rolex" di atasnya, serta setiap bagian akan memiliki finishing yang rapi dan hanya dapat Anda lihat ketika membuka jam tangan tersebut.

Akan tetapi, karena kecanggihan teknologi saat ini, semakin mudah bagi pihak-pihak tidak bertanggung jawab untuk meniru mesin jam Rolex asli.

Namun, dengan pemeriksaan yang lebih detail bersama ahlinya, Anda bisa mengetahui apakah jam tangan tersebut asli atau KW.


6. Bezel dan Bracelet yang Tepat

Selanjutnya Anda dapat mengetahui original atau tidaknya jam tangan Rolex Oyster Perpetual Datejust adalah dengan melihat bezel dan bracelet-nya. 

Keberadaan bezel pada jam tangan pada dasarnya memiliki fungsi praktis dan estetis. Bezel merupakan komponen seperti cincin yang mengelilingi pelat jam atau muka jam, yang umumnya terletak di antara penutup kristal atau kaca.

Pada jam tangan Rolex Oyster Perpetual Datejust jenis bezel yang digunakan tak lagi diproduksi. Engine Turned Bezel memiliki desain yang tidak terlalu formal dibandingkan bezel bergalur penuh. Namun, juga tidak terlalu mencolok seperti bingkai cincin berbentuk kubah yang mulus.

Sementara pada bagian bracelet yang digunakan pada jam tangan ini disebut dengan Jubilee, yang dikembangkan secara eksklusif untuk Datejust. Jubile hanya digunakan untuk five piece metal link bracelet, serta menjadi opsi pada jam tangan Rolex Datejust.


7. Dokumen Keaslian

Sebelum benar-benar membeli jam tangan Rolex Oyster Perpetual Datejust, Anda bisa mengecek juga dokumen-dokumen pembeliannya.

Umumnya, untuk tiap pembelian barang atau produk-produk mewah, Anda akan mendapatkan dokumen yang berisi informasi terkait nomor seri, nomor referensi, tahun pembuatan jam tangan, dan sebagainya.

Anda bisa mencocokkan keaslian informasi dalam dokumen tersebut dengan official store atau toko-toko jual beli jam tangan terpercaya lainnya. 


8. Cek dengan Ahli Jam Tangan

Meskipun kita sudah sangat akrab dan mungkin Anda telah menjadi kolektor jam tangan mewah bertahun-tahun, kesalahan mengenali ciri-ciri Rolex Oyster Perpetual Datejust yang original tetaplah ada.

Sebab, kemajuan teknologi saat ini memungkinkan pihak peniru untuk melakukan pemalsuan dengan lebih mudah. Baik itu dari segi desain, mesin, hingga dokumen-dokumen produk.

Karenanya, penting untuk Anda melakukan pengecekan keaslian jam tangan tersebut pada ahlinya. Dalam hal ini, Watch Trader dapat menjadi solusi ideal untuk Anda. 

Lebih dari sekedar pedangan jam mewah, kami juga berkomitmen untuk menjadi tujuan para kolektor dan pecinta jam tangan.

Pakar jam tangan kami bisa membantu Anda mengenali mana jam tangan Rolex Oyster Perpetual yang original. Tak hanya itu, kami bahkan bisa membantu Anda untuk menemukan produk Rolex original dengan spesifikasi dan model yang Anda mau. 

Anda dapat memperoleh harga terbaik untuk jam tangan Anda, dengan proses penjualan yang transparan dan anti-ribet. 


Bersama Watch Trader, Anda juga dapat melakukan perawatan jam tangan antik dan mewah Anda bersama pakarnya. Selain itu, Anda pun akan memperoleh sertifikasi dan jaminan untuk setiap jam tangan yang kami servis. 

berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik, yang diakui oleh para pemimpin industri.

Bagaimana dengan Anda? Jelajahi Watch Trader dan temukan jam tangan yang tepat untuk mengisi momen berharga Anda.