24 Jun 2024

News Update

Cara Membedakan Jam Tangan Patek Philippe Original dan Palsu

Cara Membedakan Jam Tangan Patek Philippe Original dan Palsu

Jam tangan mewah adalah salah satu benda yang tidak hanya digunakan sebagai aksesori tapi juga bisa menjadi barang investasi. Sayangnya saat ini mulai marak produk palsu atau tiruan, salah satunya dari merk Patek Philippe. Jadi Anda harus tahu cara membedakan jam tangan Patek Philippe original dan palsu.

Terdapat beberapa cara membedakan jam Patek Philippe asli dan palsu yang bisa Anda terapkan sebelum membelinya. Hal ini bisa Anda teliti dari sertifikat keasliannya hingga detail tanda waktu. Supaya tidak bingung dan salah membeli jam tangan mewah Patek Philippe yang palsu, simak penjelasan di bawah ini.


Ketahui Cara Membedakan Jam Tangan Patek Philippe Original atau Palsu

Pemalsuan jam tangan mewah Patek Philippe sebenarnya bukan hal yang mengherankan, mengingat harga produk ini sangat tinggi. Bagi Anda yang ingin membeli produk in, tentu harus tahu seperti apa ciri-ciri jam Patek Philippe asli. Berikut informasi tentang beberapa perbedaan Patek Philippe asli dan palsu.


1.Sertifikat Keaslian

Perbedaan yang pertama terletak pada sertifikat keaslian, jam tangan Patek Philippe original pasti dilengkapi dengan Certificate of Authenticity. Keberadaan sertifikat ini sangat penting untuk pembeli dan dianggap sebagai surat keterangan asal. Di masa depan jika Anda ingin menjual jam ini maka harus disertai dengan sertifikat keaslian.

Jadi saat membeli jam tangan merek Patek Philippe, pastikan Anda mendapat sertifikat keaslian tersebut. Untuk mengetahui keabsahan sertifika jam tangan, Anda bisa membandingkannya dengan website resmi Patek Philippe. Selain itu Anda juga bisa membawanya ke toko perhiasan untuk bertanya tentang keasliannya.


2.Nomor Seri dan Model

Perlu diketahui bahwa jam tangan Patek Philppe original tidak memiliki nomor seri di bagian belakangnya. Saat ini ada banyak sekali produsen jam tangan palsu yang sengaja meletakkan nomor seri di belakang case Patek Philippe. Jika Anda menemukan nomor tersebut di bagian belakang case, artinya jam yang Ada beli palsu.

Patek Philippe adalah brand yang tidak pernah meletakkan nomor seri di bagian belakang case produknya. Permukaaan case belakang ini selalu memiliki tampilan polos tanpa ukiran apapun. Sedangkan nomor seri produk dapat Anda temukan di bagian dalam jam dan terukir dengan jelas serta tajam.


3.Kualitas Material

Selanjutnya cara membedakan jam tangan Patek Philippe original dan palsu bisa Anda perhatikan dari kualitas materialnya. Salah satu ciri khas jam tangan mewah ini adalah penggunaan bahan-bahan yang berkualitas tinggi. Contohnya adalah menggunakan logam mulia seperti emas, perak, platinum, dan lain sebagainya.

Selain itu kualitas material juga dapat diketahui dari bobotnya yang terasa lebih berat. Perlu diketahui bahwa bobot arloji Patek Philippe lebih berat dibandingkan denga merek lain yang secara kelas lebih rendah. Jika arloji yang Anda beli bobotnya ringan artinya produk tersebut palsu.


4.Logo dan Rincian Merek

Patek Philippe merupakan arloji yang memiliki logo dan rincian merek dengan desain khas serta mendetail. Selain itu logo dan rincian merk jam tangan ini juga terdapat di bagian dial, bagian belakang, atau bagian dalam dan terlihat dengan jelas. Rincian merk dan harga Patek Philippe juga terlihat dari crown dan dialnya.

Jam tangan mewah ini menggunakan dial dengan font yang khusus atau khas. Sedangkan produk yang palsu menggunakan font dengan ukuran lebih besar supaya merek tampak lebih menonjol. Padahal sebenarnya semakin besar dan menonjol logo atau merek tersebut artinya arloji tersebut palsu atau tiruan.


5.Movement (Mekanisme)

Berbeda dengan jam tangan pada umumnya, movemen atau mekanisme pada jam tangan Patek Philippe original menggunakan mesin yang rumit dan canggih. Sehingga gerakan yang mulus dan presisi menjadi salah satu ciri khas dari arloji ini. Pergerakan yang halus ini bisa Anda perhatikan saat jarum penunjuk detik jam tangan bergerak.

Dari pergerakan jarum tersebut Anda dapat melihat tingginya kualitas mesin yang digunakan. Penggunakan mesin rumit dan canggih ini berlaku untuk setiap seri jam tangan merek Patek Philippe. Jadi jika arloji yang Anda beli menunjukkan pergerakan jarum yang kasar, artinya itu adalah produk imitasi.


6.Detail Tanda Waktu

Detail tanda waktu pada jam tangan Patek Philippe asli dapat berjalan dengan akurat dan lancar. Selain itu terdapat detail fungsi lainnya seperti penyesuaian tanggal serta fungsi chronograph. Jadi selalu perhatikan bagian ini sebelum membeli arloji mewah ini, pastikan terdapat detail tanwa waktu terperinci dan menggunakan teknologi canggih.

Jika Anda masih bingung atau tidak memiliki pengalaman sama sekali untuk mengenali produk yang asli atau palsu, gunakan bantuan review. Selain itu Anda juga bisa bertanya pada orang terdekat yang sebelumnya pernah membeli jam tangan merek Patek Philippe yang asli.


7.Periksa Keaslian Dokumen dan Kotak

Berikutnya setiap produk arloji dari Patek Philippe pasti memiliki dokumen di dalam kotaknya. Periksa keaslian dokumen tersebut dengan membaca informasi tentang merek, model, nomor seri jam tangan, spesifikasi, serta tanggal pembelian. Dokumen legal ini bisa berupa kartu garansi untuk servis atau penjualan jam di masa depan.

Perbedaan yang satu ini sangat penting, jika jam tangan yang Anda beli tidak memiliki dokumen legal artinya itu produk palsu. Sedangkan ciri kotak arloji Patek Philippe yang asli adalah memiliki loho brand rapi serta presisi. Jika desain box terlihat tidak rapi atau tidak sesuai dengan ukuran jam, dapat dipastika produk tersebut palsu. 


8.Pengecekan oleh Ahli Jam Tangan

Cara membedakan jam tangan Patek Philippe original dan palsu yang terakhir adalah dengan melakukan pengecekan oleh ahli jam tangan. Pengecekan ini harus dilakukan oleh ahlinya supaya pemeriksaan bisa dilakukan secara teliti dan menyeluruh. Sayangnya saat ini di Indonesia masih cukup jarang yang menyediakan jasa ini.

Tapi Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa menggunakan jasa Watches Trader untuk mengetahui jam tangan Patek Philippe asli atau palsu. Selain itu bagi Anda yang ingin membeli berbagai produk jam tangan mewah termasuk Patek Philippe, Watches Trader bisa menjadi pilihan terbaik.


Di sini Anda bisa menemukan jam tangan Patek Philippe dengan berbagai jenis nomor seri dan model terbaru yang terjamin keasliannya. Segala dokumen juga tersedia untuk memberikan jaminan bahwa produk tersebut asli.

Kesimpulannya untuk membedakan jam tangan Patek Philippe asli atau palsu ada 8 cara yang bisa Anda lakukan. Mulai dari mencari tahu tentang sertifikat keaslian, memeriksa detail tanda waktu, hingga melakukan pengecekan oleh ahli jam tangan. Anda bisa memilih untuk menerapkan salah satu cara di atas atau semuanya.


Setelah mengetahui 8 cara membedakan jam tangan Patek Philippe original dan palsu, Anda juga dapat memastikan keaslian jam tangan mewah ini dengan hanya membelinya di tempat jual beli jam tangan mewah terpercaya seperti di Watches Trader. Bukan hanya Patek Philippe, dapatkan juga brand jam tangan mewah lainnya seperti Rolex, Hublot hingga Audemars Piguet hanya di Watches Trader!