17 Jun 2024

News Update

Apa Itu Investasi Jam Tangan Mewah?

Apa Itu Investasi Jam Tangan Mewah?

Investasi bisa Anda lakukan dalam berbagai bentuk dan cara. Salah satunya yaitu dengan investasi jam tangan mewah. 

Investasi pada barang tidak hanya bisa dilakukan pada rumah, karya seni atau benda-benda lainnya. Investasi juga bisa Anda lakukan dengan menggunakan instrumen jam tangan mewah. 

Jam tangan mewah memiliki nilai yang tinggi ketika Anda membelinya di hari ini. Nilai ini bisa naik drastis di masa depan jika Anda melakukan investasi dengan baik. Hasilnya, Anda bisa mendapatkan keuntungan dan hasil yang lebih baik daripada waktu membeli jam tersebut. 

Namun, investasi ini harus memperhatikan beberapa faktor penting. Berikut ini informasi jam tangan mewah untuk investasi . 

Mengenal Jam Tangan Mewah Untuk Investasi

Ada banyak cara untuk melakukan investasi. Investasi saham, properti dan emas adalah instrumen yang umum orang pilih. Namun berinvestasi pada jam tangan mewah sekarang banyak orang-orang pilih karena memiliki banyak keuntungan. 

Jam tangan mewah yang Anda beli akan berharga beberapa kali lipat di masa depan. Apalagi jika Anda memilih jam tangan yang tepat, keuntungan akan jadi milik Anda. 

Merek jam tangan yang umum sebagai investasi yaitu jam tangan Rolex. Walaupun mahal, namun masih ada beberapa merek jam tangan lain yang lebih mahal daripada Rolex. Walaupun begitu, popularitas dari jam tangan tersebut yang membuatnya menjadi pilihan dalam investasi jam. 

Angka penjualan jam tangan cukup tinggi di beberapa tahun terakhir, bahkan bisa melewati angka investasi emas dan real estate. Nilai total pada investasi jam tangan mewah terus naik bahkan diperkirakan akan mencapai US$29 miliar di tahun 2025. Itulah mengapa Anda harus memulai investasi jenis ini mulai dari sekarang. 

Faktor Penting Dalam Memilih Jam Tangan Mewah yang Cocok Untuk Investasi

Untuk melakukan investasi jam tangan mewah, Anda tidak boleh asal membeli saja jam tangan yang ada di toko. Anda harus mempelajari beberapa faktor penting yang dapat menentukan keuntungan di masa depan nantinya. 

Hal ini juga berguna agar Anda tidak merasakan rugi besar di masa depan nanti. 

1. Koleksi Edisi Terbatas

Faktor yang menentukan keuntungan dalam melakukan investasi jam mewah yang pertama yaitu kelangkaan jam tersebut. Memiliki merek jam tangan mewah dengan harga selangit namun memiliki model yang umum memang masih menguntungkan. Namun, Anda akan lebih untung lagi jika membeli jam tangan yang merupakan edisi terbatas. 

Nilai jual jam tangan edisi terbatas akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan jam tangan mewah lainnya. Ini karena jam tangan edisi terbatas hanya memiliki beberapa unit saja sehingga akan sulit menemukannya di masa depan. 

Edisi terbatas juga akan terlihat lebih eksklusif karena hanya dimiliki oleh beberapa orang saja. Biasanya jam tangan ini adalah hasil kolaborasi dengan tokoh atau brand lain. Salah satu jenis jam tangan yang cukup langka yaitu Patek Philippe Nautilus Ref. 5711/1A-010, Audemars Piguet Royal Oak Offshore 50th, atau Rolex Daytona Paul Newman. 

2. Merek Terkemuka 

Faktor lain yang menentukan keuntungan Anda dalam investasi jam mewah yaitu merek jam tersebut. Umumnya merek yang mewah populer akan semakin memiliki nilai jual yang lebih dibandingkan merek lainnya. Hal ini juga bergantung pada tren pasar pada saat itu. 

Merek jam mewah yang dari dulu hingga sekarang masih memiliki nilai tinggi yaitu Rolex. Selain itu ada juga merk Patek Philippe, Rolex, dan Audemars Piguet yang bisa jadi pilihan. Merek-merek tersebut menyediakan jam tangan yang memiliki kualitas dan harga yang tinggi. 

Perhatikan juga keaslian dari produk untuk mendapatkan nilai investasi yang tepat. Untuk mendapatkan jam tangan mewah yang pantas dijadikan investasi, Anda bisa mempercayakannya pada Watches Trader

Watches Trader menyediakan berbagai merek jam tangan mewah yang berkualitas tinggi dan tentunya original. 

3. Material dan Desain Khusus

Faktor penting lainnya dalam memilih jam tangan untuk investasi yaitu dengan melihat materi dan desainnya. Memiliki merek jam tangan mewah tentunya memang menguntungkan, namun Anda juga harus melihat materi dan juga desainnya. Hal ini sangat berpengaruh pada investasi di masa depan. 

Pasalnya, material yang unik dan tidak memiliki durabilitas tinggi justru akan membuat rugi karena jam jadi tidak awet ketika disimpan. Hal ini juga berlaku jika Anda memilih desain jam yang tidak tepat sehingga menurunkan nilainya. 

Pilihlah material bahan jam tangan yang tahan lama dan kuat untuk disimpan bertahun-tahun. Untuk desain sendiri, pilihlah desain yang memiliki banyak peminat. 

Untuk bahan, Anda bisa memilih stainless steel sebagai bahan utama. Ada juga jam mewah dari bahan emas yang tentunya bernilai tinggi. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan instrumen investasi yang tepat untuk masa depan. 

4. Perkembangan Tren dan Kepopuleran

Faktor dari investasi jam tangan mewah yang penting untuk Anda perhatikan yaitu perkembangan tren di pasar. Umumnya pada suatu waktu akan ada tren jam tangan yang terus muncul di pasaran. Tren ini memang akan berlangsung cukup singkat. Namun, tren ini bisa menentukan dalam investasi. 

Tren dan kepopuleran suatu merek bisa membuat nilai jualnya semakin meningkat di waktu itu. Tren ini bisa berakhir dalam beberapa waktu. Namun, Anda bisa menggunakan tren ini untuk mendapatkan keuntungan saat itu juga. 

Anda bisa melihat tren ini dari beberapa model yang keluar dari merek-merek terkemuka di dunia. Dengan melihat model yang keluar, Anda bisa mendeteksi kesamaan pada jam tangan tersebut. Inilah yang menjadikan suatu tren. 

5. Kondisi Pasar dan Permintaan

Pasar jam tangan tidak muncul baru-baru ini. Pasar jam tangan mewah ini telah ada sejak lama. Industri barang mewah ini bahkan terus berkembang seiring dengan minat orang-orang pada barang mewah. 

Hal ini juga mendapat pengaruh sosial media dengan sosialita atau influencer yang menggunakan barang mewah dan menjadikan barang mewah sebagai status kekayaan. 

Pada pasar jam tangan mewah, umumnya akan ada permintaan yang tinggi pada suatu merek atau model pada suatu waktu. Hal ini terus berubah seiring berjalannya waktu. Semakin tinggi permintaan pasar pada suatu merek, maka semakin tinggi juga nilai jualnya. 

Untuk model sendiri, jam tangan mewah umumnya akan memiliki permintaan pada model klasik. Ada juga permintaan untuk jam tangan model sporty, atau edisi terbatas. Anda harus jeli melihat permintaan pasar pada jam tangan mewah ini. 

Dengan begitu, Anda bisa menghindari membeli jam tangan yang memiliki nilai kurang dibandingkan jam lainnya. Ikuti komunitas demi mendapatkan perkiraan pasar jam tangan. 

Itulah dia informasi tentang investasi jam tangan mewah yang bisa Anda pelajari. Hal ini penting untuk membantu memutuskan jenis jam tangan apa yang bisa Anda beli untuk dijadikan investasi di masa depan.