24 Jun 2024

News Update

7 Ciri Jam Tangan Rolex Wanita Original

7 Ciri Jam Tangan Rolex Wanita Original

Salah satu brand luxury yang begitu terkenal adalah Rolex. Tentu saja, siapapun ingin mengoleksi jam tangan mewah ini, mengingat jam tangan Rolex dapat menggambarkan status seseorang. Sayangnya, karena begitu mahalnya jam tangan Rolex, banyak Rolex yang dipalsukan. Bila Anda ingin membeli jam tangan Rolex, Anda harus mengetahui ciri jam tangan Rolex wanita original. 


Ciri-ciri Jam Tangan Rolex Wanita Original

Jangan sampai, terbuai dengan harga murah, dan membeli jam tangan palsu. Lantas, apa saja ciri jam tangan Rolex wanita yang original? 


1.Kualitas Material

Perlu diketahui, bahan yang digunakan untuk memproduksi Rolex begitu berkualitas. Bahkan Rolex dibuat dari bahan metal yang sangat lembut dan kuat. Bila Anda melihat metal Rolex kasar, dapat dipastikan bila jam tersebut palsu. 

Rolex memang menggunakan bahan metal stainless steel yang berbeda dari jam merek lain. Ketika digunakan, bahan ini juga dapat memberi pengalaman mewah untuk penggunanya. Dengan bahan metal tersebut, build quality yang diciptakan oleh Rolex juga sangat elegan dan kuat. 

Dengan bahan yang dimilikinya ini, Rolex juga memiliki bobot berat. Berbeda dengan jam palsu yang terasa tipis dan ringan karena menggunakan material murah. Lantas, bagaimana cara menguji material Rolex? 

Untuk menguji material, Anda dapat memegang dan merasakan bobotnya lebih berat. Namun, tips yang satu ini berlaku untuk Rolex keluaran terbaru yang menggunakan bracelet dari stainless steel yang solid. Untuk jam tangan Rolex lama, umumnya menggunakan link berongga sehingga lebih ringan. 


2.Serial dan Model Number yang Sesuai

Ketika akan membeli jam tangan Rolex, pastikan juga memeriksa serial number yang tertera. Serial number ini dapat Anda temukan di dalam dial, atau di bawah angka 6. Terdiri dari 8 digit angka, serial number ini menjadi informasi tanggal produksi jam tangan. 

Umumnya, serial number jam tangan Rolex yang asli diukir dengan sempurna, terlihat smooth dan solid. Di bagian sudut ukiran biasanya juga akan terlihat bercahaya ketika jam dimiringkan ke cahaya, dan akan menampilkan angka simetris. 

Namun, serial number yang terdapat pada jam Rolex palsu biasanya hanya terdiri dari titik kecil, dan tidak simetris. Hal tersebut disebabkan karena proses marking yang tidak maksimal. Selain itu, jam tangan Rolex palsu juga menggunakan serial number sama untuk jam yang berbeda. 

Anda dapat melakukan pengecekan serial number ini di website Rolex. Biasanya, karena sudah terbuai dengan harga murah yang ditawarkan penjual, pembeli lupa melakukan pengecekan serial number. 


3.Tangan dan Indeks Jam yang Presisi

Salah satu ciri jam tangan Rolex wanita original yang tidak boleh terlewat adalah indeks jam yang begitu presisi. Anda dapat memperhatikan apakah pada jam yang ingin dibeli, Anda menemukan font yang kurang rata, bahkan spasi huruf yang kurang konsisten. 

Hal tersebut menjadi ciri jam Rolex palsu. Bukan hanya itu, Rolex palsu umumnya juga mempunyai fitur dan detail yang tidak halus seperti printing di bagian dial sampai finishing yang berantakan. 

Oleh sebab itu, pastikan Anda mencermati foto resmi jam yang akan dibeli. Seluruh bagian jam Rolex umumnya dibuat dengan sempurna. Dial Rolex rapi, tidak terdapat gelembung, clean, kemudian inner ring yang menjadi penghubung dial serta glass juga harus diperiksa. Inner inilah yang menghubungkan dial ke bezel atau glass serta memiliki tulisan Rolex sekelilingnya. 


4.Magnifying Cyclops untuk Tanggal

Tidak sedikit jam tangan Rolex yang mempunyai fungsi tanggal seperti pada beberapa koleksinya. Fungsi tanggal ini biasanya berukuran kecil, tetapi karena ukuran kecil yang dimilikinya inilah, Rolex memberikan tambahan cyclops window. 

Dengan adanya cyclops window ini, pengguna bisa melihat fungsi tanggal dengan jelas. Cyclops pada jam tangan Rolex mengacu ke lensa pembesar di kristal dan ditampilkan di atas date window. 

Produsen Rolex menggunakan bahan yang anti reflektif di cyclops. Hingga sekarang, fitur jam tangan Rolex ini sangat sulit untuk dipalsukan. Cyclops pada jam tangan Rolex memiliki bentuk cembung. Bila Anda menemukan jam Rolex dengan lensa datar serta tanggal yang tidak bisa diperbesar, kemungkinan jam tangan tersebut palsu. 

Lantas, bagaimana cara menguji fitur cyclops ini? Untuk menguji fitur ini, Anda hanya perlu mengusap jari di atas crystal glass. Bila kaca di window date ini terasa cembung, atau seperti terdapat tonjolan yang cukup besar, besar kemungkinan jam tangan tersebut adalah Rolex wanita original. 

Namun, bila bagian cyclops tersebut flat, hal tersebut membuktikan bila jam tersebut merupakan Rolex palsu. Namun, ada beberapa seri Rolex yang tidak mempunyai lensa cyclops, walaupun koleksi tersebut mempunyai fitur date function. 


5.Gerakan (Movement) Rolex

Ciri jam tangan Rolex wanita original yang lainnya adalah gerakan Rolex. Namun, bila ingin mengecek movement atau gerakan Rolex, Anda harus menggunakan peralatan khusus. 

Nantinya, Anda dapat melihat gear serta inner working di jam tangan. Movement pada jam tangan Rolex harus mempunyai ukiran yang bertuliskan “Geneva Switzerland”, kemudian untuk jenis metal hingga nomor model juga harus ditampilkan dengan baik. 

Tingkat presisi jam tangan juga harus tinggi. Perlu diketahui, sebagian jam tangan Rolex mempunyai mechanical movement, sehingga jika Anda menemukan jam Rolex quartz, hal ini harus dicurigai. 

Sayangnya, dengan adanya teknologi modern seperti 3D printing serta optical scanning membuat para pemalsu jam tangan menjadi semakin mahir meniru desain dari Rolex. Tampilan jam yang mereka buat begitu halus dan meyakinkan. 

Namun, meskipun demikian, jam tangan tiruan yang dibuat tidak akan memiliki detail halus seperti movement yang dimiliki Rolex. 


6.Kaca Kristal Berkualitas Tinggi

Jam tangan Rolex menggunakan kaca kristal yang berkualitas tinggi. Kaca kristal ini akan melindungi jam dari debu, hingga kelembaban. Jenis kaca kristal yang sering digunakan pada jam tangan Rolex adalah kaca mineral. 

Kaca mineral adalah tempered glass yang terbuat dari proses pemanasan serta pendinginan lembar kaca. Selain kaca mineral, jam tangan Rolex juga menggunakan safir serta akrilik. 


7.Pengecekan Keaslian Dokumen

Ciri jam tangan Rolex wanita original lainnya yang tidak boleh terlewat adalah masalah dokumen. Sebelum melakukan pembelian, pastikan mengecek dokumen terlebih dahulu. Setiap jam yang dikeluarkan oleh Rolex umumnya sudah mengantongi dokumen. 

Dokumen jam tangan Rolex ini menampilkan nomor referensi, nomor seri, tahun pembuatan jam dan yang lainnya. Anda dapat membandingkan antara nomor seri jam yang Anda beli secara online di website resmi milik Rolex. 

Memang, harus diakui jika semakin mahal barang, jumlah peniru dari barang tersebut akan semakin banyak. Namun, dengan memahami sejumlah ciri jam tangan Rolex wanita original di atas, mendapatkan jam tangan asli bukan menjadi hal yang sulit.

Pastikan tidak langsung terpikat dengan harga murah yang ditawarkan oleh penjual. Selain itu, Anda juga dapat membeli jam tangan Rolex di tempat yang terpercaya seperti di Watches Trader. Keaslian terjamin dan harga bersaing, jual beli jam tangan mewah hanya di Watches Trader!